Pengaruh Motivasi Diri, Penghargaan Finansial, Pertimbangan Pasar Kerja dan Kemampuan Akademik terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Berkarir Sebagai Akuntan Publik
DOI:
https://doi.org/10.55587/jla.v5i1.131Kata Kunci:
Self-Motivation, Financial Rewards, Job Market Considerations, Academic Ability, Interest in a Career as a Public AccountantAbstrak
Purpose: The purpose of this study is to prove the influence of self-motivation, financial rewards, job market considerations and academic ability on accounting students' interest in pursuing a career as a public accountant.
Method: This research uses quantitative methods and uses primary data. The sample used in this research was 120 respondents from the accounting faculty from eight universities, namely students from the Faculty of Accounting from Bachelorwiyata Tamansiswa University Yogyakarta, Negri Yogyakarta University, Ahmad Dahlan University, Mercubuana University Yogyakarta, Duta Wacana Christian University Yogyakarta, Amikom University Yogyakarta, Sanat Dharma University Yogyakarta, Alma Ata University Yogyakarta. This research method uses a questionnaire, then processed and analyzed with SPSS version 26.
Finding: The results of this research in the form of self-motivation, job market considerations, and academic ability have a positive influence on accounting students' interest in pursuing a career as a public accountant. Meanwhile, financial awards have no effect on students' interest in pursuing a career as a public accountant
Novelty: In previous studies, researchers focused more on financial rewards and job market considerations, while in the current research, researchers added students' self-motivation and academic abilities.
Referensi
Abdi, S., Fitria, A., Aulia, T., Hijriah, N., & Sari, P. L. (2024). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Pasca terjadinya Covid-19. 2(1).
Adyani, lyla rahma, & Sampurno, R. djoko. (2017). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi yang mempengaruhi Profitabilitas. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 2(2), 94–109.
Aji, A. W., Ayem, S., & Ratrisna, Y. R. C. T. (2022). Pengaruh Persepsi Karir, Pertimbangan Pasar Kerja, Dan Penghargaan Finansial Terhadap Minat Berkarir Di Bidang Perpajakan (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa). Jurnal Ilmiah Akuntansi, 13(1), 89–97.
Amalia, Z., Fauzi, A., & Mardi, M. (2021). Pengaruh Penghargaan Finansial, Pertimbangan Pasar Kerja, dan Lingkungan Kerja Terhadap Pemilihan Karir Sebagai Akuntan Pada Mahasiswa Akuntansi Di Jakarta. Jurnal Ilmiah Edunomika, 5(2), 731. https://doi.org/10.29040/jie.v5i2.2366
Ari, V., Rini, N., & Kaluge, L. (2024). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kepercayaan Diri Terhadap Penguasaan Konsep Pada Pembelajaran Matematika Di SD Swasta Jaktim. 06(02), 15201–15209.
Arif, M. F., Askandar, N. S., & Mahsuni, A. W. (2020). Analisis Pengaruh Persepsi Profesi Akuntan Publik, Motivasi Dan Kecerdasan Adversity Mahasiswa Universitas Islam Malang Terhadap Minat Menjadi Akuntan Publik. E-Jra, 9(1), 60–74. http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/jra/article/view/5421
Arismutia. (2017). Pengaruh penghargaan finansial dan pertimbangan pasar kerja terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk berkarir menjadi akuntan publik (studi pada mahasiswa program studi akuntansi STIE INABA Bandung). Jurnal Indonesia Membangun, 16(2), 46–68. http://jurnal-inaba.hol.es
Candra Susanto, P., Ulfah Arini, D., Yuntina, L., Panatap Soehaditama, J., & Nuraeni, N. (2024). Konsep Penelitian Kuantitatif: Populasi, Sampel, dan Analisis Data (Sebuah Tinjauan Pustaka). Jurnal Ilmu Multidisplin, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.38035/jim.v3i1.504
Chrisna, H., & Khairani. (2019). Pengaruh Perilaku Belajar, Pengendalian Diri, Motivasi,Empati, Keterampilan, Dan Kepercayaan DiriTerhadap Prestasi Akademik MahasiswaProdi Akuntansi UniversitasPembangunan Panca BudiMedan. Jurnal Akuntansi Bisnis & Publik, 1(1), 88–100.
Elistia, E., & Nurma, A. (2023). Theory Planned Behavior Dalam Minat Beli Produk Kosmetik Organik pada Generasi Y di Jakarta. Journal 24/7: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 1(1), 33–52.
Fadilah, D. H., & Rosidi. (2017). Determinan Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Berkarir Sebagai Akuntan Publik (Studi Pada Mahasiswa Strata Satu Jurusan Akuntansi Universitas Di Kota Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 9(2).
Fitriyana, W., & Sumiyati, L. (2021). Analisis yang Mempengaruhi Determinan Minat Mahasiswa Akuntansi Berkarir sebagai Akuntan Publik di Bandar Lampung. Prosiding National Seminar on Accounting, Finance, and Economics (NSAFE), 1(10), 98–111.
Handayani, F., & Handayani, F. (2021). Pengaruh Gender, Penghargaan Finansial dan Pertimbangan Pasar Kerja Terhadap Minat Berkarir Menjadi Akuntan Publik pada Mahasiswa Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Balikpapan. JSHP : Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 5(2), 148–158. https://doi.org/10.32487/jshp.v5i2.1126
Hapsoro, D., & Tresnadya, D. T. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Berkarir Sebagai Akuntan Publik (Studi Kasus Terhadap Mahasiswa Akuntansi STIE YKPN Yogyakarta). Akuntansi Dewantara, 2(2), 142–156. https://doi.org/10.29230/ad.v2i2.2638
Hernikawati, D. (2021). Analisis Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Jumlah Kunjungan pada Situs E-Commerce di Indonesia Menggunakan Uji T Berpasangan. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 25(2), 191. https://doi.org/10.31445/jskm.2021.4389
Horri, M., & Handayani, A. E. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Akuntansi Di Universitas Dr. Soetomo. Jurnal Analisa Akuntansi Dan Perpajakan, 2(2), 86–98. https://doi.org/10.25139/jaap.v2i2.1396
Hutami, F. A. (2022). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman. 8(1932121252), 1–7. https://feb.unmul.ac.id
I Nyoman Putra, Yasa Ida Ayu Gede Danika Esa , Pradnyani Anantawikrama Tungga, A. (2022). Peran Lingkungan, Pertimbangan Pasar Kerja dan Persepsi Mahasiswa Pengaruhnya Terhadap Keputusan Mahasiwa Berkarir di Bidang Perpajakan. Jurnal Akuntansi, Bisnis Dan Ekonomi Indonesia, 6(2), 101–108. https://akuntansi.pnp.ac.id/jabei
Inya Bota, M., & Taufiq Noor Rokhman, M. (2019). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Kemampuan Akademik dan Pelatihan Profesional Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Berkarir Menjadi Akuntan Publik. Jppim, 1(1), 1.
Jaya, E. D., Astuti, D. S. P., & Harimurti, F. (2018). Pengaruh Penghargaan Finansial, Pelatihan Profesional, Pengakuan Profesional dan Pertimbangan Pasar Terhadap Minat Mahasiswa Berkarier Menjadi Akuntan Publik. Jurnal Akuntansi Dan Sistem Teknologi Informasi, 14(April), 180–193.
K, F. P., & Aziza, R. (2019). Cohesive Devices Analysis In Abstract Journal Of Premise Volume 6 Number 2 In 2017. Intensive Journal, 2(2), 93. https://doi.org/10.31602/intensive.v2i2.2460
Kartina Muliasari, & Sari Andayani. (2023). Pengaruh Pengalaman Magang, Kompetensi Mahasiswa Dan Lingkungan Kerja Terhadap Minat Menjadi Akuntan Publik. Jurnal Riset Ekonomi Dan Akuntansi, 1(3), 245–259. https://doi.org/10.54066/jrea-itb.v1i3.658
Liandra, K. S., Handayanto, A. J., & Suhendri, H. (2022). PENGARUH MOTIVASI DIRI DAN PERSEPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI AKUNTANSI TERHADAP PEMINATAN KARIR DALAM BIDANG PERPAJAKAN (Study Empiris Mahasiswa Akuntansi Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang). Referensi : Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 10(1), 98–106. https://doi.org/10.33366/ref.v10i1.3389
M. Rusydi, Maftukhatusolikhah, & Syamsiar Zahrani. (2023). Minat Menggunakan Perbankan Syariah Di Palembang: Pendekatan Theory of Reasoned Action. Journal of Economics and Business, 1(1), 22–34. https://doi.org/10.61994/econis.v1i1.52
Matapere, N. M., & Nugroho, P. I. (2020). Pengaruh Hasil Belajar Pengantar Akuntansi Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Prodi Akuntansi UKSW Dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 4(1), 257–270.
Meilinawati, R., & Yuliati, A. (2023). Pengaruh Motivasi dan Pemahaman Materi terhadap Minat Karier Mahasiswa Akuntansi menjadi Akuntan. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah …, 2(3), 1221–1228. https://journal-nusantara.com/index.php/JIM/article/view/1413%0Ahttps://journal-nusantara.com/index.php/JIM/article/download/1413/1219
Norlaela, A., & Muslimin, M. (2022). Pengaruh Pelatihan Profesional, Penghargaan Finansial, dan Pertimbangan Pasar Kerja terhadap Minat Berkarir Akuntan Publik. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(2), 636–652. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i2.1247
Patmawati, K., Puspitasari, N., Mutmainah, S. N., & Maret, U. S. (2018). Kemampuan Akademik Mahasiswa. 7(2), 11–18.
Rahmayanti, N. P., Karsudjono, A. J., & Abdurrakhman, M. Z. (2022). Pengaruh Gender, Pertimbangan Pasar Kerja Terhadap Minat Mahasiswa Berkarir Menjadi Akuntan Publik Dengan Niat Sebagai Variabel Intervening. Al-KALAM : JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 9(2), 143. https://doi.org/10.31602/al-kalam.v9i2.6635
Renang, D. K. (2019). COMPETITOR : Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga. 11, 109–116.
Saputra, R. M. A., Hariyadi, A., & Sarjono, S. (2021). Pengaruh Motivasi Dan Efikasi Diri Terhadap Kemandirian Belajar Sistem Daring Pada Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri Kedungadem Bojonegoro. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 840–847. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1268
Setiawan, T. H., & Aden. (2020). Efektifitas Penerapan Blended Learning Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Akademik Mahasiswa Melalui Jejaring Schoology Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI), 3(5), 493–506. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i5.493-506
Suriani, N., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24–36. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.55
Wibowo, E. T. (2020). Pengaruh Penghargaan Finansial, Pertimbangan Pasar Kerja Dan Pelatihan Profesional Terhadap Pemilihan Karir Akuntan Publik. Jurnal Akuntansi Bisnis Pelita Bangsa, 5(2), 109–120.
Yulianti, V. (2022). 436-Article Text-3080-1-10-20220628. 7(1), 60–74.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Literasi Akuntansi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.