https://jurnal.ylii.or.id/index.php/litera/issue/feed Jurnal Literasi Akuntansi 2025-09-30T00:00:00+07:00 Indrian Supheni indrian.supheni@ylii.or.id Open Journal Systems <p>Jurnal Literasi Akuntansi telah diterbitkan sejak tahun 2021 dengan e-ISSN 2810-0921. Jurnal ini diterbitkan secara berkala pada bulan Maret, Juni, September, Desember setiap tahun. Jurnal berfokus pada bidang Akuntansi Manajemen dan biaya, Sistem Informasi Akuntansi, Isu-isu Etika dalam akuntansi dan pelaporan keuangan, akuntansi sektor publik, auditing, akuntansi keuangan syariah, perbankan, perpajakan, pasar modal, Investasi, Tata Kelola Perusahaan, Pasar Modal, Keuangan, dan sistem informasi. <strong>Jurnal Literasi Akuntansi telah terakreditasi SINTA 4 </strong>oleh Kementrian Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi dengan SK Nomor: 10/C/C3/DT.05.00/2025.</p> https://jurnal.ylii.or.id/index.php/litera/article/view/181 Pengaruh Literasi Keuangan, Presepsi Risiko dan Behavioral Finance Terhadap Keputusan Investasi Pada Himpunan Pengusaha Muda Indonesia di Yogyakarta 2025-07-14T08:48:14+07:00 Nur Anita Chandra Putry chandra.putry@ustjogja.ac.id Maria Virgilia Kesau mari017038.mhs@ustjogja.ac.id <p>Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah literasi keuangan, persepsi risiko dan perilaku keuangan berpengaruh terhadap keputusan investasi yang dibuat oleh Himpunan Pengusaha Muda Indonesia di Yogyakarta.<br>Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengusaha muda Yogyakarta yang memenuhi kriteria tertentu menjadi subjek penelitian ini. Metode purposive sampling digunakan untuk mengumpulkan total 130 sampel dari para responden. Regresi linier berganda digunakan untuk menguji data dengan IBM SPSS versi 23.<br>Temuan: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel persepsi risiko dan perilaku keuangan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan investasi. Namun, literasi keuangan tidak berpengaruh terhadap keputusan investasi pada wirausahawan.<br>Kebaruan: Penelitian ini berfokus pada wirausahawan muda anggota HIPMI di Kota Yogyakarta dengan menggabungkan tiga variabel utama dalam satu kerangka kerja yang komprehensif, berbeda dengan penelitian-penelitian sebelumnya yang meneliti investor secara umum tanpa kekhususan geografis dan meneliti masing-masing variabel dengan bantuan variabel lain yang berbeda.</p> <p>Kata kunci:<br>Literasi Keuangan, Persepsi Risiko, Perilaku Keuangan, Keputusan Investasi.</p> 2025-09-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Literasi Akuntansi https://jurnal.ylii.or.id/index.php/litera/article/view/178 Pengaruh Komisaris Independenden dan Pengungkapan ESG terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderasi 2025-07-14T08:49:18+07:00 Sri Ayem sri.ayem@ustjogja.ac.id Maksimilianus Bobat acikbobat12@gmail.com <p><strong>Tujuan:</strong> Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komisaris independen dan pengungkapan ESG terhadap nilai perusahaan, dengan profitabilitas sebagai variabel moderasi.</p> <p><strong>Metode:</strong> Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, yaitu menyajikan hasil penelitian dalam bentuk numerik yang kemudian dijelaskan dan diinterpretasikan secara deskriptif, untuk menguji hipotesis. Subjek penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada sektor barang industri. Sampel penelitian ini sebanyak 32 perusahaan selama periode pengamatan 2021-2023, sehingga diperoleh 96 unit observasi dengan menggunakan purposive sampling.</p> <p><strong>Temuan:</strong> Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel komisaris independen dan pengungkapan ESG berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Namun, profitabilitas tidak mampu memoderasi pengaruh komisaris independen dan pengungkapan ESG terhadap nilai perusahaan.</p> <p>Kebaruan: Penelitian ini menggabungkan komisaris independen dan pengungkapan ESG sebagai dua aspek utama tata kelola perusahaan dan keberlanjutan, yang dianalisis secara simultan terhadap nilai perusahaan. Kombinasi ini belum banyak dibahas secara simultan dalam konteks perusahaan manufaktur Indonesia.</p> 2025-09-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Literasi Akuntansi https://jurnal.ylii.or.id/index.php/litera/article/view/179 Pengaruh Pengetahuan Pajak dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Pajak UMKM di Kota Yogyakarta 2025-07-14T08:48:54+07:00 Antonius Ardani Jampar antoniusardanijampar@gmail.com Suyanto iyant@ustjogja.ac.id <p><strong>Purpose:</strong> Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengetahuan pajak dan sanksi pajak terhadap kepatuhan pajak UMKM di Kota Yogyakarta.</p> <p><strong>Method:</strong> Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelaku UMKM yang terdaftar di Kota Yogyakarta, dengan jumlah sampel sebanyak 106 responden yang diambil menggunakan teknik <em>purposive sampling</em>. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan <em>survei</em> melalui penyebaran kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik regresi linier berganda. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan SPSS versi 25.</p> <p><strong>Finding:</strong> Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan pajak dan sanksi pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan pajak UMKM.</p> <p><strong>Novelty:</strong> pemahaman mengenai kepatuhan wajib pajak pada sektor UMKM di Kota Yogyakarta melalui pengujian empiris pengaruh pengetahuan pajak dan sanksi pajak. Penelitian ini berpotensi untuk memberikan validasi atau modifikasi terhadap Theory of Planned Behavior (TPB) dalam konteks unik UMKM di Yogyakarta</p> 2025-09-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Literasi Akuntansi https://jurnal.ylii.or.id/index.php/litera/article/view/189 Pengaruh Persepsi, Pengetahuan, dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Penghindaran Pajak 2025-08-11T09:15:18+07:00 Sri Ayem sriayemfeust@gmail.com Maria Liliyanti Bete Mau marialiliyantimau@gmail.com <p><strong><em>Purpose</em></strong><strong>:</strong> Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi wajib pajak, pengetahuan wajib pajak, dan kesadaran wajib pajak terhadap penghindaran pajak pada pengusaha muda di Kota Yogyakarta. Selain itu, penelitian juga mengevaluasi pengaruh ketiga variabel tersebut secara simultan terhadap perilaku penghindaran pajak, dengan memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang faktor-faktor yang memengaruhi kepatuhan pajak di kalangan pengusaha muda.</p> <p><strong><em>Method</em></strong><strong>:</strong> Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data primer melalui kuesioner yang disebarkan baik secara langsung maupun menggunakan platform daring <em>Google Forms</em> kepada 62 pengusaha muda di Kota Yogyakarta. Instrumen penelitian diukur menggunakan <em>skala Likert</em> 4 poin dan diuji validitas serta reliabilitas menggunakan <em>Cronbach’s Alpha</em>. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS, dan juga menguji asumsi klasik meliputi multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan normalitas data.</p> <p><strong><em>Finding</em></strong><strong>:</strong> Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi wajib pajak, pengetahuan wajib pajak, dan kesadaran wajib pajak secara parsial dan simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku penghindaran pajak pengusaha muda di Kota Yogyakarta. Kesadaran wajib pajak memberikan pengaruh paling dominan dengan koefisien beta terbesar. Variabel-variabel ini secara kolektif mampu menjelaskan sekitar 62,6% dalam perilaku penghindaran pajak, menunjukkan bahwa tingkat kesadaran, pengetahuan, dan persepsi memainkan peranan penting dalam keputusan pengusaha muda terkait kewajiban perpajakan.</p> <p><strong><em>Novelty</em></strong><strong>:</strong> Penelitian ini menggabungkan tiga aspek yaitu persepsi, pengetahuan, dan kesadaran wajib &nbsp;secara simultan dalam penghindaran pajak pada kelompok pengusaha muda di Kota Yogyakarta, yang masih jarang dijelaskan secara spesifik pada penelitian sebelimnya. Selain itu, penggunaan teori legitimasi dan teori atribusi memberikan kerangka konseptual yang memperkaya pemahaman tentang bagaimana faktor internal dan persepsi moral dapat memengaruhi kepatuhan pajak. Metode pengumpulan data yang dikombinasikan antara <em>offline</em> dan <em>online</em> juga menjadi inovasi praktis dalam menjangkau responden secara efektif di era digital saat ini.</p> 2025-09-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Literasi Akuntansi https://jurnal.ylii.or.id/index.php/litera/article/view/153 Indonesia Pengaruh Reputasi Auditor, Fee Audit, Opini Audit dan Ukuran Perusahaan Terhadap Audit Delay 2025-04-29T11:59:01+07:00 Resti Lisa Utami restilisautamiii@gmail.com <p><strong>Tujuan</strong>: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah Reputasi Auditor berpengaruh terhadap Audit Delay pada perusahaan manufaktur berbagai sektor industri yang terdaftar di BEI tahun 2021-2023 (2) apakah Audit Fee berpengaruh terhadap Audit Delay pada perusahaan manufaktur berbagai sektor industri yang terdaftar di BEI tahun 2021-2023 (3) apakah Opini Audit berpengaruh terhadap Audit Delay pada perusahaan manufaktur berbagai sektor industri yang terdaftar di BEI tahun 2021-2023 (4) apakah Ukuran Perusahaan berpengaruh terhadap Audit Delay pada perusahaan manufaktur berbagai sektor industri yang terdaftar di BEI tahun 2021-2023.</p> <p><strong>Metode</strong>: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel sebanyak 75 data dari 25 perusahaan manufaktur berbagai sektor industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2021-2023. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan Eviews.</p> <p><strong>Temuan</strong>: Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa reputasi auditor tidak berpengaruh terhadap audit delay, audit fee berpengaruh terhadap audit delay, opini audit berpengaruh terhadap audit delay dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap audit delay.</p> <p><strong>Kebaruan</strong>: Penelitian ini menambahkan variabel audit fee sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi audit delay, dimana variabel ini belum pernah diteliti pada penelitian sebelumnya.</p> 2025-09-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Literasi Akuntansi