Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Dan Earnings Response Coefficient: Profitabilitas Sebagai Variabel Mediasi

Penulis

  • Anggi Tadani UST

DOI:

https://doi.org/10.55587/jla.v2i3.69

Kata Kunci:

Profitabilitas, earnings response coefficients, capital structure, company size

Abstrak

Purpose: This study aims to examine whether capital structure and firm size can affect the earnings response coefficient and is mediated by profitability.

Method: The sample uses manufacturing sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange for the last 6 years. Sample selection using pruprosive sampling technique in order to obtain 10 companies. Testing the sample using multiple linear regression analysis and path analysis to test the mediating variable using the SPSS 20 analysis tool.

Finding: The results prove that capital structure has a positive effect on profitability, firm size has a positive effect on profitability, capital structure has a negative effect on the earnings response coefficient (ERC), firm size has a positive effect on the earnings response coefficient (ERC), profitability has a positive effect on the earnings response coefficient ( ERC), Profitability mediates the effect of capital structure on earnings response coefficient (ERC), Profitability mediates the relationship between firm size and earnings response coefficient (ERC).

Novelty: This research has something that has not been done before, and there are comparisons with studies that have been done previously.

Referensi

Ardiansyah, E. F. (2017). Pengaruh Leverage, Likuiditas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Pertambanganyang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Perbanas.

Arif, R. N. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Earnings Response Coefficient (Erc) Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Periode 2011-2015). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Arifin, J. (2008). Menyusun Lap. Keu Ukm Dg Excel + Cd. Elex Media Komputindo.

Aryanti, F., Hardiyanto, A. T., & Simamora, P. (2017). Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Yang Tergabung Dalam Lq 45 Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2015. Jurnal Online Mahasiswa (Jom) Bidang Manajemen, 1(1), 1–11.

Astivasari, N., & Siswanto, E. (2018). Pengaruh Struktur Modal Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Perusahaan Indonesia (Studi Pada Perusahaan Sektor Properti Dan Real Estate Yang Listing Di Bei Periode 2012-2014). Ekonomi Bisnis, 23(1), 35.

Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2011). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan (2nd Ed.). Salemba Empat.

Cahyowati, A., & Maslichah. (2018). Pengaruh Corporate Social Responsibility, Ukuran Perusahaan, Struktur Modal, Dan Profitabilitas Terhadap Earnings Response Coefficient (Studi Empiris Pada Bank Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2012-2016). E-Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, Universitas Negeri Malang, Issn: 2302-7061, 7(1), 95–105.

Hariati, R. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Struktur Modal, Dan Pertumbuhan Laba Terhadap Earnings Response Coefficient [Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya]. In Perbanas. Https://Pesquisa.Bvsalud.Org/Portal/Resource/En/Mdl-20203177951%0ahttp://Dx.Doi.Org/10.1038/S41562-020-0887-9%0ahttp://Dx.Doi.Org/10.1038/S41562-020-0884-Z%0ahttps://Doi.Org/10.1080/13669877.2020.1758193%0ahttp://Sersc.Org/Journals/Index.Php/Ijast/Article

Horne, J. C. V., & Wachowicz, J. M. (1998). Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan. Salemba Empat.

Indrianto, N., & Supomo, B. (2016). Metodologi Penelitian Bisnis. Bpfe.

Jati, N. A., Khairunnisa, & Yudowati, S. P. (2017). Pengaruh Risiko Sistematik, Persistensi Laba, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Koefisien Respon Laba (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Indeks Kompas100 Periode 2011-2015). E-Proceeding Of Management, 4(3).

Jensen, M. C., & Meckling, W. H. (1976). Theory Of The Firm: Managerial Behavior, Agency Costs And Ownership Structure. Journal Of Financial Economics, 3(4), 305–360. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.1016/0304-405x(76)90026-X

Juliana, A., & Melisa, M. (2019). Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Profitabilitas Perusahaan Di Indonesia (Studi Kasus: Indek Lq45 Periode 2012-2016). Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(1), 36–50.

Nikmah, A. M. (2018). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Earnings Response Coefficient Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderasi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya.

Rahayu, A., & Sartika, T. P. D. (2017). Pengaruh Risiko Sistematik, Konservatisme Laba, Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Earning Response Coefficient. Jurnal Telaah Dan Riset Akuntansi.

Rullyan, A., Agustin, H., & Cheisviyanny, C. (2017). Pengaruh Default Risk, Profitabilitas Dan Resiko Sistematis Terhadap Earnings Response Coefficient. Jurnal Wra, 5(3).

Saraswati, D. (2017). Pengaruh Leverage, Risiko Sistematik, Pertumbuhan Penjualan, Kesempatan Bertumbuh, Persistensi Laba, Ukuran Perusahaan, Dan Likuiditas Terhadap Earnings Response Coefficient (Erc). Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

Saraswati, N. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Koefisien Respon Laba. Perbanas, 3(2).

Suwardjono. (2005). Teori Akuntansi-Perekayasaan Pelaporan Keuangan (3rd Ed.). Bpfe.

Tunnisa, F. (2016). Pengaruh Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia. Uin Alauddin Makassar.

Violita, R., & Sulasmiyati, S. (2017). Pengaruh Struktur Modal Terhadap Profitabilitas (Studi Pada Perusahaan Food And Baverages Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2013-2016). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 51(1).

Unduhan

Diterbitkan

20-09-2022

Cara Mengutip

Tadani, A. (2022). Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Dan Earnings Response Coefficient: Profitabilitas Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Literasi Akuntansi, 2(3), 199–209. https://doi.org/10.55587/jla.v2i3.69

Terbitan

Bagian

Artikel