Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup dan Lingkungan Sosial Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa
Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup dan Lingkungan Sosial Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.55587/jla.v2i2.35Kata Kunci:
Financial Literacy, Lifestyle, Social Environment, Student FinancialAbstrak
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh literasi keuangan, gaya hidup dan lingkungan sosial. Penelitian ini mengkaji apakah terdapat pengaruh literasi keuangan, gaya hidup dan lingkungan sosial terhadap perilaku keuangan mahasiswa. Metode: Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 aktif yang sedang menempuh pendidikan di Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi akuntansi dan manajemen yang sedang menempuh pendidikan di Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Sampel yang diperoleh sebanyak 108 responden dengan metode snowball sampling. Data ini dianalisis menggunakan analisis linier berganda dengan bantuan IBM SPSS. Temuan: Hasil penelitian membuktikan bahwa literasi keuangan berpengaruh positif terhadap perilaku keuangan, gaya hidup berpengaruh positif terhadap perilaku keuangan, dan lingkungan sosial berpengaruh positif terhadap perilaku keuangan. Kata Kunci: Literasi Keuangan, Gaya Hidup, Lingkungan Sosial, Perilaku Keuangan MahasiswaReferensi
Chen, H., & Volpe, R. (2002). Gender Differences in Personal Financial Literacy among College Students. Financial Services Review, 11(3), 289.
Kasali, R. (1998). Membidik Pasar Indonesia: Segmentasu, Targeting dan Positioning. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Nababan, D., & Sadalia, Is. (2013). Analisis Personal Financial Literacy dan Financial Behavior Mahasiswa Strata I Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara. Jurnal Media Informasi Manajemen, 1(1), 1–16.
Purwanto. (2007). Instrumen Penelitian Sosial dan Pendidikan : Pengembangan dan Pemanfaatan (B. Santoso (ed.); cet. 1). Pustaka Pelajar.
Putri, T. V., & Iriani, S. S. (2020). Pengaruh Gaya Hidup Konsumtif dan Promosi Penjualan Terhadap Pembelian Impulsif Makanan Kekinian Mahasiswa Urban Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(4), 1417. https://doi.org/10.26740/jim.v8n4.p1417-1428
Sobaya, S., Hidayanto, M. F., & Safitri, J. (2016). Pengaruh Literasi Keuangan dan Lingkungan Sosial Terhadap Perencanaan Keuangan Pegawai di Universitas Islam indonesia Yogyakarta. MADANIA, 20(1), 115–128.
SUYANTO, S., SETIAWAN, D., & ... (2021). The Impact of Financial Socialization and Financial Literacy on Financial Behaviors: An Empirical Study in Indonesia. The Journal of Asian …, 8(7), 169–180. https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no7.0169
Wahyuni, R., Irfani, H., Syahrina, I. A., & Mariana, R. (2019). Terhadap Perilaku Konsumtif Berbelanja Online Pada Ibu Rumah Tangga di Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang. Jurnal Benefita, 4(3), 548–559.
Chen, H., & Volpe, R. (2002). Gender Differences in Personal Financial Literacy among College Students. Financial Services Review, 11(3), 289.
Kasali, R. (1998). Membidik Pasar Indonesia: Segmentasu, Targeting dan Positioning. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Nababan, D., & Sadalia, Is. (2013). Analisis Personal Financial Literacy dan Financial Behavior Mahasiswa Strata I Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara. Jurnal Media Informasi Manajemen, 1(1), 1–16.
Purwanto. (2007). Instrumen Penelitian Sosial dan Pendidikan : Pengembangan dan Pemanfaatan (B. Santoso (ed.); cet. 1). Pustaka Pelajar.
Putri, T. V., & Iriani, S. S. (2020). Pengaruh Gaya Hidup Konsumtif dan Promosi Penjualan Terhadap Pembelian Impulsif Makanan Kekinian Mahasiswa Urban Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(4), 1417. https://doi.org/10.26740/jim.v8n4.p1417-1428
Sobaya, S., Hidayanto, M. F., & Safitri, J. (2016). Pengaruh Literasi Keuangan dan Lingkungan Sosial Terhadap Perencanaan Keuangan Pegawai di Universitas Islam indonesia Yogyakarta. MADANIA, 20(1), 115–128.
SUYANTO, S., SETIAWAN, D., & ... (2021). The Impact of Financial Socialization and Financial Literacy on Financial Behaviors: An Empirical Study in Indonesia. The Journal of Asian …, 8(7), 169–180. https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no7.0169
Wahyuni, R., Irfani, H., Syahrina, I. A., & Mariana, R. (2019). Terhadap Perilaku Konsumtif Berbelanja Online Pada Ibu Rumah Tangga di Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang. Jurnal Benefita, 4(3), 548–559.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Literasi Akuntansi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.