Dampak Kualitas Pelayanan, dan Citra Pajak Terhadap Kepuasan Wajib Pajak
DOI:
https://doi.org/10.55587/jseb.v1i1.24Kata Kunci:
Kualitas Pelayanan, Citra Pajak, Kepuasan Wajib PajakAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan wajib pajak Kantor Pelayanan Pajak Pratama Yogyakarta Jl. P. Senopti No. 20. 2) Pengaruh citra pajak terhadap kepuasan wajib pajak Kantor Pelayanan Pajak Pratama Yogyakarta Jl. P. Senopti No. 20. 3) Pengaruh kualitas pelayanan dan citra pajak secara serentak terhadap kepuasan wajib pajak Kantor Pelayanan Pajak Pratama Yogyakarta Jl. P. Senopti No. 20.
Populasi dalam penelitian ini yaitu wajib pajak pribadi Kantor Pelayanan Pajak Pratama Yogyakarta Jl. P. Senopti No. 20. Sampel yang diambil 100 wajib pajak, karena populasi tidak dapat diketahui. Teknik pengambilan sampel menggunakan convenience sampling. Teknik pengumpulan data adalah kuesioner Teknik analisis menggunakan regresi linier berganda dengan tingkat singnifikan 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan citra pajak mempunyai hasil positif dan signifikan terhadap kepuasan wajib pajak. Kualitas pelayanan dan citra pajak berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap kepuasan wajib pajak. Variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wajib pajak. Variabel citra pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wajib pajak. Nilai Adjusted R2 = 0,213 atau 21,3%, hal ini menunjukkan bahwa variasi kepuasan wajib pajak (Y) yang dapat dijelaskan variabel kualitas pelayanan dan citra pajak sebesar 21,3%. Sedangkan sisanya sebesar 78.7% dipengaruhi variabel lain.
Referensi
Basu Swasta, D, (1997), Perilaku Konsumen, Edisi Ketiga, BPFE, Yogyakarta.
Dharmesta, B.S, (1998), Perilaku Konsumen, Edisi Ketiga, BPFE, Yogyakarta.
Fatmawati, Indah, (2004), Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Nilai Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan, Utilitas, Vol. 12, No. 1 A, April, h. 55- 67.
Gronroos, C (1983), Strategic Management and Marketing In Service Sector, Cambridge, MA.
Hendriana, T. (1998), Analisis Perbedaan Harapan Kualitas Jasa Pada Lembaga Pendidikan Tinggi di Surabaya, Tesis (tidak dipublikasikan), Program Magister Manajemen Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.
Indriantoro, N. dan Supomo, B., (2002), Metodologi Penelitian Bisnis, Untuk Akuntansi dan Manajemen, Edisi Pertama, Cetakan Kedua, BPFE:Yogyakarta.
Kandampully, Jay, and Dwi Suhartanto, (2000), Customer Loyalty in the Hotel Industry : The Role of Customer Satisfaction and Image, International Journal of Contemporary hospitality Management, 12/6, p. 346- 351.
Kasali, Rhenald, (1992), Manajemen Periklanan : Teori dan Aplikasinya, di Indonesia. Jakarta: Grafiti.
Kotler, Philip (2003), Marketing Management, 11thed, Upper Saddle River, New Jersey: Prentice Hall International, Inc.
Kotler, Philip., (2000), Manajemen Pemasaran, Edisi Melinium, Jakarta: Prenhallindo.
Oliver, L, Richard, (1999), Whence Consumer Loyalty, Journal of Marketing, Vol. 63, ( Special Issue ), p. 33- 44.
Parasuraman, A., Leonard L. Berry, dan Valarie A. Zeithaml (1993), “More on Improving Service Quality Measurement,” Journal of Retailing, 67 (1), 140-47.
Soehardi Sigit, 2003, Pengantar Metodologi Penelitian, Cetakan Kedua, BPFE: Yogyakarta.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Sosial Ekonomi Bisnis
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.